Langsung ke konten utama

Bagaimana sebaiknya komplain produk

Akhir-akhir ini cukup banyak pembuat posting di blogger, di medsos dan lain sebagainya. yang menerbitkan keluhan dan komplain terhadap layanan ataupun produk tertentu.

Menurut saya, memang hak konsumen adalah nomor satu yang harus dijunjung tinggi oleh pihak produsen dengan menyajikan layanan atau produknya yang berkualitas.

Akan tetapi layanan maupun produk dari produsen tidak begitu saja semuanya sempurna, dari puluhan, ratusan bahkan ribuan produk/layanan serupa, pasti ada sedikitnya sepersen tidak sempurna.

Berawal dari kesadaran saya akan kesalahan yang saya buat dulu, dulu saya masih zamannya alay, dimana sedikit sedikit posting dengan nada alay yang tidak jelas hehe. sensi sekali ya.

Saya sadar, membuat posting keluhan di blogger, medsos, dll adalah tindakan yang tidak begitu baik. kenapa?

Apakah kita harus mencemarkan nama produsen hanya karena 1atau 2 kali kita temukan produk mereka "cacad". dan kita telah membeli lebih dari 10 kali tanpa adanya kesalahan.

Oke. di atas adalah salah satu alasan saya menyadari mengeluhkan produk/layanan di internet adalah kesalahan besar.

Sebaiknya, untuk melakukan komplain terhadap layanan ataupun produk yang dirasa tidak sempurna. kita tanya/telepon dahulu customer service mereka, biasanya nomer kontaknya ada di produknya. di situ kita bisa komplain sepuasnya sebagai konsumen.

Apalagi zaman sekarang sudah bisa melalui private message di medsos. komplain pun bisa kapan saja. tetapi jika komplain dan keluhan dirasa lebih ke kualitas, sebaiknya menghubungi pihak produsen secara telepon terlebih dahulu.

Pokoknya, posting keluhan tentang produk/layanan di internet adalah kesalahan besar jika kita sama sekali tidak menghubungi terlebih dahulu pihak produsen yang bersangkutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara setting JoyToKey untuk stick game

Pada saat saya membutuhkan software mapping tombol untuk stick gamepad saya, saya coba mencarinya hingga akhirnya menemukan software yang lumayan bagus dan gratis dari situsnya. nama softwarenya JoyToKey bisa dicari di mbah googel kalau mau download karena memang gratis.

Saya lanjut bagaimana cara setting software untuk mapping usb stick game ini. cara setnya cukup gampang dan memang awalnya saya juga agak pusing saat semua telah di set tetapi tidak bisa disimpan (save).

Dari petunjuk yang ada dalam paket downloadnya saya coba sedikit memperjelas saja.


Caranya memang sudah mudah, hanya tinggal klik tiap buttonnya, misal tombol left saya isikan A yang berarti kiri pada game yg saya mainkan.
pada kolom disable lainnya bisa diisikan kombinasi 2 sampai 3 tombol, misalnya saya isikan A dan W pada tombol left. maka otomatis gerakannya akan menyamping langsung.

Nah untuk cek apakah tombol tersebut sudah berfungsi, dapat menggunakan notepad



pada gambar diatas saya cek untuk tombol left,right…

Mana yang bagus JNE, J&T, Sicepat, Wahana

Dalam 1 bulan terakhir ini saya mencoba untuk membeli beberapa barang dari bukalapak yang memang barangnya saya perlukan untuk kebutuhan jasa saya.

Setiap barang yang saya pesan memiliki kemiripan yaitu dikirim pada hari jumat dengan layanan reguler tarif biasa. kita tahu layanan reguler semuanya jasa pengiriman libur pada hari sabtu dan minggu.

Yang pertama adalah paket saya menggunakan jasa J&T, dijanjikan paket akan sampai pada hari Selasa, dan ternyata sampai hari senin pada siang hari dengan diantar oleh kurir yang tidak begitu tahu tempat sekitar saya. tapi kurirnya benar menelepon dan itu sangat membantu.

Yang kedua adalah paket saya yang diantar oleh jasa Sicepat, dijanjikan juga oleh sistem bukalapak adalah sampai pada hari selasa. dan ternyata pada hari senin pun sudah sampai. kurirnya menelepon dan kebetulan tidak saya angkat. tapi paket sampai dengan selamat.

Yang ketiga adalah Wahana, jasa ini termasuk jasa yang paling murah di antara jasa kurir yang tersedia di bukal…