Langsung ke konten utama

Mana yang bagus JNE, J&T, Sicepat, Wahana

Dalam 1 bulan terakhir ini saya mencoba untuk membeli beberapa barang dari bukalapak yang memang barangnya saya perlukan untuk kebutuhan jasa saya.

Setiap barang yang saya pesan memiliki kemiripan yaitu dikirim pada hari jumat dengan layanan reguler tarif biasa. kita tahu layanan reguler semuanya jasa pengiriman libur pada hari sabtu dan minggu.

Yang pertama adalah paket saya menggunakan jasa J&T, dijanjikan paket akan sampai pada hari Selasa, dan ternyata sampai hari senin pada siang hari dengan diantar oleh kurir yang tidak begitu tahu tempat sekitar saya. tapi kurirnya benar menelepon dan itu sangat membantu.

Yang kedua adalah paket saya yang diantar oleh jasa Sicepat, dijanjikan juga oleh sistem bukalapak adalah sampai pada hari selasa. dan ternyata pada hari senin pun sudah sampai. kurirnya menelepon dan kebetulan tidak saya angkat. tapi paket sampai dengan selamat.

Yang ketiga adalah Wahana, jasa ini termasuk jasa yang paling murah di antara jasa kurir yang tersedia di bukalapak. walaupun harga yang bisa dikatakan 30% s/d 40% lebih murah dari harga jasa pengiriman lainnya. tapi barang tetap sampai pada hari senin juga padahal estimasi akan sampai pada hari selasa, dan tracking pada situs langsung berubah (update) pada saat barang diterima.

Yang keempat adalah Jasa Pengiriman paling populer yaitu JNE, banyak pengalaman saya menunggu kurir yang tak kunjung datang juga. status di tracking berderet banyak tidak menjadi jaminan barang akan sampai walaupun sudah ada di kota yang sama. buktinya setelah hari senin ini berlalu, status kiriman masih dibawa kurir.


Yah, setiap jasa pengiriman relatif tidak ada yang bagus amat, tidak ada yang jelek amat segimana musimnya, ada yang nunggu kolektif biar murah diongkos baru anter, ada yg lagi dan suka overload semisal JNE. dan lain sebagainya.

Menurut saya, agar paket cepat sampainya, pilih jasa yang kantor pusatnya dekat dengan rumah kita.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
#update Plus dari percobaan, pengalaman n curhat tentang jasa pengiriman, diupdate terus hehehe#

J&T: hari sabtu tetap dikirim

JNE: Haduh kebiasaan JNE adalah ketika barang kita bermasalah misalnya alamat atau tidak ada orang, atau misroute.. penyelesaiannya itu bisa memakan waktu hingga 1 minggu sampai 1 bulan.. bersyukur kalau barang datang sesuai waktu estimasi. lah kalau barang bermasalah, ente mau marah ke JNE, udah kebal coy. CS hanya seorang CS, bukan kurir.

J&T: Ketika overload J&T cuma diam saat dikontak melalui beberapa medsos. gara2 kode kirimjt bukalapak biasanya sampai lebih cepat, ini bisa telat sampai 4 hari dari estimasi. padahal sudah ada di kecamatan/kota yang sama.

Wahana: Seperti biasa sampai tanpa ada telepon/sms terlebih dahulu. tapi kemarin pickup nya bisa lebih sehari ada di kota pengirim.

Sicepat: sejauh ini beberapa kali bagus, Jakarta - Bandung barang masih sampai sesuai estimasi.

- JNE: (50:50 paket sampai sesuai estimasi dan paket terkadang terkendala)
- J&T: (paket sampai sesuai estimasi, kadang antar ulang di hari berikutnya)
- Wahana: (belum pernah kontak tapi paket selalu sampai sesuai estimasi)
- Sicepat: (belum pernah kontak tapi paket selalu sampai sesuai estimasi)

Ada baiknya juga jangan pilih jasa pengiriman yang sedang promo gratis ongkir, kecuali JNE, yg lain tenaganya tidak sekuat JNE ketika ada promo gratis ongkir. hehehe.


Bagaimana dengan jasa POS Indonesia? saya lebih suka kirim barang pengalamannya kalau pakai POS, biasanya rada delay. tapi ok. recommended untuk kiriman yang santai hehe.


Ninja? kebtulan ada promo gratis ongkir lewat ninja express di bukalapak. biasanya Jakarta Bandung  hanya sehari, pesan hari ini, besok sampai. ada kemungkinan karena promo walaupun sudah menggunakan Ninja Fast, tetap sama saja sampai 2 hari kemudian. tapi Ninja Express cukup bagus, dimana jika nomer kita memilik WhatsApp, akan ada notifikasi barang akan dikirim.

Pakai Gojek? khusus jarak dan kota tertentu, sangat cepat

Wahana, 15KG sampai dengan selamat.

JNE masih good ternyata.

JNE, paket hilang sebagian, terdapat robekan pada packing kresek saya. yang hilang paket (kotak) kecil. saya tidak tahu siapa yang salah karena bukti spesifik hanya robekan di kresek dan cukup sulit untuk dijadikan bukti yang memberatkan.. yah ikhlaskan saja sepertinya barang hilang.. yg jelas oknum-oknum pencuurrryy selalu ada.. dan selalu mintalah segel yang kuat kepada seller agar kiriman aman dari tangan-tangan nakal..

30JAN2018 - Kirim barang pakai J&T ke Aceh, dari Bandung --Update-- estimasi 3 hari tapi paket masih tidak jelas, apa sudah meninggalkan Bandung atau belum. J&T sekarang masih masa promo, leletnya super sekali. kepayahan haha, citra J&T sekarang jadi buruk lah, nerima promo gratis ongkir tapi armada gak kuat ngangkat, paket pada telat. hadeuh parah.. (update--) Sepertinya butuh 5 hari barang dari Bandung sampai ke Aceh.


J&T emang bangsat dah, setiap ada kiriman ke saya suka nginep dulu paketnya. sedangkan saya kalau kirim ke orang lain 36 jam bisa nyampe. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara setting JoyToKey untuk stick game

Pada saat saya membutuhkan software mapping tombol untuk stick gamepad saya, saya coba mencarinya hingga akhirnya menemukan software yang lumayan bagus dan gratis dari situsnya. nama softwarenya JoyToKey bisa dicari di mbah googel kalau mau download karena memang gratis.

Saya lanjut bagaimana cara setting software untuk mapping usb stick game ini. cara setnya cukup gampang dan memang awalnya saya juga agak pusing saat semua telah di set tetapi tidak bisa disimpan (save).

Dari petunjuk yang ada dalam paket downloadnya saya coba sedikit memperjelas saja.


Caranya memang sudah mudah, hanya tinggal klik tiap buttonnya, misal tombol left saya isikan A yang berarti kiri pada game yg saya mainkan.
pada kolom disable lainnya bisa diisikan kombinasi 2 sampai 3 tombol, misalnya saya isikan A dan W pada tombol left. maka otomatis gerakannya akan menyamping langsung.

Nah untuk cek apakah tombol tersebut sudah berfungsi, dapat menggunakan notepad



pada gambar diatas saya cek untuk tombol left,right…